07 March, 2014

global, lokal, dan statistik pada php

Variabel Global 

Variabel global adalah variabel yang ruang lingkupnya sangat luas, dapat dipakai dan digunakan oleh semua script dalam PHP. Biasanya variabel global letaknya diluar suatu fungsi, dan jika variabel tersebut terletak didalam fungsi, kalian harus mendeklarasikan variabel tersebut sebagai variabel global. Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat contoh berikut ini:



 Variabel Lokal

Variabel lokal adalah variabel yang ruang lingkupnya lebih kecil daripada variabel global. Variabel lokal ini hanya dapat digunakan didalam fungsi itu sendiri, dan tidak akan berguna diluar fungsi. Variabel lokal dapat memiliki nama yang sama dengan variabel global, tetapi PHP akan menganggap kedua variabel tersebut berbeda. Lihat contoh berikut agar lebih jelasnya:


Varaibel Static 

Variabel static adalah variabel yang hanya ada dalam ruang lingkup suatu fungsi. Variabel tidak menghilangkan nilai akhirnya ketika dieksekusi dan meninggalkan fungsi tersebut. Artinya, nilai akhir dari variabel tersebut tidak akan berubah ketika nanti dipanggil kembali. Variabel statik kebanyakan digunakan untuk counter, misalkan untuk menghitung jumlah pengunjung pada suatu halaman web. Untuk lebih lengkapnya, lihat contoh dibawah:


No comments:

Post a Comment