15 May, 2010

WLAN

Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya.
Wireless LAN menggunakan algoritma CSMA (Cariier Sense Multiple Access) dengan mekanisme CA (Collision Avoidance), sebelum sebuah unit memulai transmisi.

Wireless LAN merupakan jaringan LAN tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media tranmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik.

Beberapa model peralatan yang menggunakan wireless diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Telepon selular dan radio panggil(pager)

2. GPRS untuk navigasi

3. Alat-alat komputer tanpa kabel seperti mouse dan keyboard

4. Telepon Cordless

5. Remote Control

6. Satelit televisi

7. Wireles LAN



Arsitektur Fisik Jaringan Wieles LAN
Komponen ini diimplementasikan sebagai fungsi yang dibutuhkan jaringan, baik lokal, metropolitan maupun area yang lebih luas.


Arsitktir Logic Jaringan Wireless LAN
Agar jaringan internet dapat berjalan sesuai fungsinya maka harus ada aturan standar yang mengaturnya, karena itu diperlukan suatu protokol internet yang mengaturnya.Protokol tersebut adalah protokol yang telah dikenal dengan TCP/IP. TCP/IPberperan sebagai pengatur yang bertugas menjaga kestabilan, keefektifan suatu komunikasi.



Spread Spectrum Radio

1. Frequency Hopping Specrtum Radio (FHSS)

Pada teknologi ini pendekatan dilakukan dengan membagi frekuemsi menjadi beberapa bagian kecil untuk membentuk suatu pola frekuensi.


2. Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS)

Padafrekuensi ini akan dikirimkan dengan pendekatan satu frekuensi saja untuk meminimalisasi interferensi narrow band.



Mekanisme Wireless LAN

  1. Service Set Identufer (SSID) => SSID adalah sebuah nama network yang dipakai oleh wieless LAN dan merupakan karakter yang unik, case sensitive dan menggunakan slpha numeric dengan nilai karakter 2-32 karakter.
  2. Beacon => Beacon adalah frame terpendek yang diirim oleh accespoint ke station atau station ke station untuk mengatur sinkronisasi komunikasi. Fungsi Beacon adalahsebagai berikut: 1. Pengaturan waktu (Time Sincronization) 2. Pengaturan Parameter dari FH dan DS 3. SSID Information 4. Traffic IndicatorMap (TIM) 5. Sopported Rates
  3. Passive Scanning => Scanning biasanya dilakukan oleh station atau acces point untuk mendengarkan beacon disetiap chanel pada waktu tertentu setelah station di inisialisai.
  4. Active Scanning => Adalah proses yang meliputi pengiriman probe request dari wireless station.
  5. Autentifikasi dan Association => Autentifikasi adalah proses pendaftaran station terhadap beacon atau juga proses melewati wireless node yang diverifikasi oleh network untuk dapat bergabung.
  6. Roaming => Adalah proses pendaftaran client untuk dapat berpindah secara halus dari atu sel network yang lain tanpa harus kehilangan koneksi.

No comments:

Post a Comment